April 5, 2020

Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga Raih Kejuaraan Esai Se-Jateng dan DIY

Salatiga (26/02) – Dalam rangkaian acara Pelantikan dan Rakerwil DPW FORMAHI Jateng-DIY, salah seorang mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga mendelegasikan diri sebagai peserta lomba Esai bertema “Eksistensi Munculnya Fenomena Kerajaan Baru dalam Segi Hukum Islam dan Hukum Positif Ditinjau dari Segi Sosial-Budaya, Agama, Ekonomi, dan Hukum”.

Najwa Hakim, mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga yang juga merupakan mahasiswa aktif pada program studi Hukum Keluarga Islam (HKI), telah lolos tahap pertama dan berhak mengikuti final 5 besar untuk mempresentasikan karyanya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Dalam esainya, ia menjabarkan fenomena kerajaan baru yang sedang ramai diperbincangakan dalam kaca mata hukum yang diperkuat dengan data-data berbasis Qur’ani.

Dalam lomba tersebut, setelah melewati beberapa tahapan, ia akhirnya berhasil keluar sebagai Juara 3, menyisihkan berbagai delegasi dari beberapa perguruan tinggi ternama di Jawa Tengah dan DIY. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi civitas akademika IAIN Salatiga pada umumnya dan khususnya bagi keluarga besar Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga.

Menurutnya, selama pembuatan karya, ia sangat terbantu dengan adanya komunitas literasi KATABA di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga. “Dengan adanya pengembangan bakat dan minat di bidang literasi di Ma’had, saya bisa memiliki partner belajar, belajar apa saja yang terkait dengan literasi, karya ilmiah dan pengetahuan umum lewat buku-buku yang disediakan dan bimbingan belajar tiap minggunya,” tuturnya. (Penulis: Fadlan, Editor: Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *