February 29, 2020

MLF 2019 : Pekan Bahasa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga

Opening Ceremony

SALATIGA – Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga menggelar acara Ma’had Language Festival (MLF) 2019. Acara tahunan ini berlangsung selama 3 hari, mulai hari Jumat – Ahad, 29 November – 1 Desember 2019. Kegiatan ini dimeriahkan dengan menyelenggarakan tiga kompetisi kebahasaan yaitu lomba Drama Contest, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), dan Spelling bee. Seluruh mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga turut aktif menjadi peserta lomba dalam acara tersebut.

Sebanyak 17 kelompok mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga menjadi peserta aktif dalam kegiatan ini. Mereka sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut, karena bagi mereka ini merupakan tantangan untuk mempraktekan kamampuan bahasa mereka di hadapan banyak orang. Selain itu mereka menganggap bahwa ini merupakan kesempatan yang langka bagi mereka untuk bisa mempraktekan kemampuan bahasa asing mereka di depan kalayak ramai. Selain itu, ini juga untuk melatih mental para mahasantri.

Drama Contest

Acara ini merupakan salah satu program kerja Divisi Pendidikan dan Bahasa. Bina Ida Matul Falah, selaku ketua panitia mengutarakan tujuan pelaksanaan acara dalam sambutannya. “Menguasai satu bahasa dapat menunjukkan kita pada satu koridor kehidupan. Dua bahasa menunjukkan kita menuju semua koridor. Maka dari itu acara ini bertujuan untuk menggali potensi mahasantri dalam bidang bahasa Arab dan Inggris. So, from this event we hope you can do the best of your best,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan Ma’had Language Festival ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan bahasa para mahasantri baik bahasa Arab maupun Inggris setelah melakukan pembelajaran secara intensif di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga selama kurang lebih satu semester.

“I am very happy to be here. This is a great event. You know what, I am the first alumnus of Ma’had, and when I was in Ma’had in 2005, there was no such a great event. You guys are lucky because you have very good opportunity to practice your language. I do appreciate this and I hope you can participate well. I express my gratitude to all functionaries of Ma’had for holding this activity” tegas Bapak Samingan dalam sambutannya, yang dalam hal ini mewakili Direktur Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga Bapak Muh. Hafidz, M.Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *